Jumat, 13 Januari 2012

Menata Hidup Agar Menjadi Lebih baik

Oleh: Drs. H. Moh. Jufri
Setiap orang  mesti punya persoalan hidup sendiri-sendiri.  Ada yang mampu melewati  dan mulus  menghadapi setiap persoalan hidup itu tapi ada juga yang kalah menghadapi ujian hidup ini. Tak jarang dari mereka  stress  bahkan ada yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Mungkin juga mereka yang kalah itu beranggapan bahwa orang hidup pasti punya masalah, karena itu jika tidak ingin punya masalah mati adalah satu-satunya jalan. Caranya bisa dengan  minum obat mematikan atau gantung diri.
Ingin bisa mengatasi masalah yang kita hadapi. Jawaban singkat saja yaitu dekatlah kepada Allah.  Perbanyaklah berzikir pada-Nya. Realisasinya bagaimana? Ketika kita mendapatkan ujian yang berat, jadikan lah sabar dan shalat itu sebagai penolong kita. Yakinlah bahwa hanya dengan kesabaran dan mendirikan shalat semua persoalan hidup bisa diatasi.
Di samping itu, untuk menata persoalan hidup yang kita hadapi ada baiknya kita  menyimak sabda Rasullullah yang disampaikan melalui Alhakam bin Umair (alQurthubi XI hal.227). Apa pesan itu?
كوا نوا فى الدنيا اضيافا   1
    Jadilah kalian tamu di dunia. Seharusnya tamu menghormati pemiliknya. Untuk masuk rumah harus minta izin pemilik rumah, berperilaku sopan sesuai yang ditetapkan pemilik rumah. Dunia ini ciptaan dan milik Allah SWT. Kita selaku hamba-Nya bertindak selaku tamu ini seyogyanya mengikuti aturan pemilik dunia ini. Di saat sholat ia harus memelihara hatinya. Di saat bertamu ia harus memelihara matanya.  Di saat bergaul dengan sesama ia harus memelihara lidahnya. Ia boleh makan dan minum yang dipersilahkan tuannya.
2. واتخذوا المساجد بيوتا
Masjid merupakan tempat ibadah yang menyebabkan manusia tenang dan sejuk. Belum ada dalam sejarah kemanusiaan orang datang ke masjid untuk  berkelahi. Masjid merupakan tempat yang mulya dan terhormat.  Jadikanlah masijd sebagai rumah kita.
3 و عوّدوا قلوبكم الرّقة
Biasakanlah hatimu selalu lembut
 Meramu letupan-letupan emosi menjadi sajian yang enak di dengar, tidak menumbuhkan hingar-bingar yang menambah tegangan tinggi. Kelembutan hati akan diwujudkan pada ungkapan kata yang indah, yang dapat meluluhkan suasana emosional. Bertindak selaku manusia berakhlak tinggi dan tidak menampakkan reaksi emosional berupa kemarahan atau ketegangan dan reaksioner.
4. واكثروا التّفكّروالبكاء 
Perbanyaklah tafakkur dan menangis            
Berilah makna yang mendalam dalam setiap fenomena yang selama ini kita amati, sehingga kita memperoleh hikmah yang tinggi. Sering-sering lah duduk tafakkur hingga menemukan makna hidup yang hakiki, menemukan jalan yang lurus yang ditunjukkan Allah. Tengoklah kembali jalan hidup kita agar tetap berada pada jalan yang lurus. Perbanyaklah menangis agar lahir manusia selalu sadar diri akan rahman rahim-Nya Allah SWT.
5. ولا تخلف بكم الاهواء  
Janganlah kalian dikuasai hawa nafsu, yang diwujudkan dalam berbagai sikap serakah, bakhil, iri, dengki, hasud, ria, sum’ah, berhayal tanpa batas, merasa diri berkuasa  dan perkasa.
Semoga  nasihat-nasihat tadi mampu memberikan pesan berarti bagi kita yang sedang dirundung masalah dan mudah-mudahan saja kualitas hidup kita dari hari ke hari menjadi semakin baik.
                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar