Berbakti Kepada Kedua orang Tua
Oleh : Drs.H. Moh. Jufri
Khutbah Pertama Oleh : Drs.H. Moh. Jufri
Amma ba’du :
Ibadallah ! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan bersyukurlah kepadaNya atas nikmat-nikmatNya yang lahir dan yang batin, anugerahNya yang melimpah, dan karuniaNya yang sangat banyak. Betapa banyak karunia Allah Subhanahu Wata’ala yang diberikan kepada hamba-hambaNya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mau bersyukur. Siapakah yang menciptakan kita selain Allah ? Siapakah yang memberi kita rizki selain Allah ? Dan siapakah yang menganugerahi kita pendengaran, penglihatan, hati, akal dan kekuatan selain Allah ?
وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللهِ لاَتُحْصُوهَا إِنَّ اْلأِنسَانَ لَظَلُومُُ كَفَّارُُ
Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). (QS. Ibrahim :34)
Oleh karena itu, hak Allah adalah hak yang paling besar dibanding hak siapa pun. Kita harus menyembahNya, mengesakanNya dan mentaatiNya. Tidak ada Rabb yang berhak disembah selain dia. Dan tidak ada Rabb kecuali Dia. Bersyukur kepada Sang Pemberi nikmat adalah wajib secara aqli maupun naqli. Dan yang pertama kali memberikan nikmat kepada manusia adalah Allah Subhanahu Wata’ala.
Setelah hak Allah dan karuniaNya ada hak orang tua dan kebaikannya. Kalau Allah berjasa menciptakan dan mewujudkan, orang tua berjasa mendidik, melahirkan dan mengurus anak-anak. Oleh karena itu Allah menyebut hak orang tua beriringan dengan hakNya. Itu tidak lain karena besarnya hak kedua orang tua dan mulianya jasa mereka. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :
وَاعْبُدُوا اللهَ وَلاَتُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
قُلْ تَعَالَوْا أَتْلُ مَاحَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلاَّتُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
Katakanlah:"Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Rabbmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapak, (QS.Al-An’am :151)
وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. (QS. Al-Isro’ :23)
وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman :14)
وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman :14)
Maka barang siapa yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada kedua orang tuanya berarti ia tidak bersyukur kepada Allah.
Di samping Allah memerintahkan manusia untuk bersyukur kepadaNya atas karuniaNya berupa menciptakan, memberi rizki dan mengurusnya, Dia juga memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada kedua orang tuanya, mengingat jasa dan kebaikan keduanya. Saya kira tidak ada seorang pun yang berakal sehat yang tidak mengetahui jasa kedua orang tuanya. Siapa yang menjadi sebab keberadaannya di dunia ? Siapa yang merawatnya dalam tahapan-tahapan usianya semenjak masih menjadi sperma hingga tumbuh menjadi dewasa ? Siapa yang memperhatikannya semenjak awal keberadaannya, masa kehamilannya, saat kelahirannya, masa menyusuinya, penyapihannya, pemberian asupan gizinya, pendidikannya, dan pembesarannya sampai ia menjadi bayi, anak-anak, remaja, kemudian menjadi manusia dewasa yang kuat dan mampu memikul tanggung jawab ? Dibalik itu semua ada orang yang paling berhak menerima kebaktian kita. Orang itu adalah ayah dan ibu kita. Kita tidak akan bisa membalas jasa mereka secara setimpal, meski kita sudah melakukan dan mencurahkan apa saja. Tetapi kita harus memohon kepada Allah dengan menyebut nama-nama dan sifat-sifatNya agar berkenan membalas mereka berdua dengan balasan yang sebaik-baiknya, memberi mereka berdua imbalan terbaik yang bisa diberikan seorang anak kepada orang tuanya, dan berkenan memberi kita kemampuan untuk berbakti kepada mereka berdua sepanjang hayat kita.
Seorang laki-laki datang kepada Umar bin Khattab Radiyallahu ‘Anhu lalu berkata : “Ibuku sudah tua renta. Aku adalah kendaraannya. Aku selalu menggendongnya di punggungku. Aku melindunginya dengan tanganku. Dan aku mengurusnya sebagaimana dia dulu mengurusku. Apakah aku telah menunaikan syukurku kepadanya ?” “Belum” kata Umar. “Mengapa, ya amirul mukminin ?” tanya laki-laki itu. Umar menjawab : “Karena sesungguhnya kamu melakukan hal itu kepadanya sambil berdoa (memohon) kepada Allah agar segera mencabut nyawanya. Sementara dia dahulu melakukan hal itu kepadamu sambil berdoa (memohon) kepada Allah agar memanjangkan umurmu.”
Ibnu Umar Radiyallahu ‘Anhu pernah bertemu dengan seorang laki-laki yang menggendong ibunya di lokasi thawaf. Lalu laki-laki itu bertanya : “ Hai Ibnu Umar, menurutmu apakah aku sudah membalas budinya ?” Ibnu Umar menjawab : “Tidak sedikit pun.” Allahu akbar ! Betapa besar hak itu ! Dan betapa parah kelalaian manusia ! Kita memohon kepada Allah agar berkenan mengampuni kita. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Maha Mulia.
Wahai umat Islam ! Sungguh berat penderitaan yang ditanggung oleh ayah dan ibu. Sungguh besar pengorbanan yang diberikan oleh mereka berdua dalam rangka membahagiakan anak-anaknya dan mengeluarkan mereka dari medan perang kehidupan. Betapa besar keletihan ayah dan ibu ! Betapa banyak energi yang mereka kerahkan ! Dan betapa banyak pengorbanan yang mereka berikan ! Terutama ibu yang penyayang. Seorang wanita yang penuh kasih sayang, acuan belas kasih dan pemberian yang mengalir deras dengan luapan kasih sayang dan kebaikan. Kasih seorang ibu mengisi penuh hatinya. Ibu yang mengandung anda di dalam perutnya selama sembilan bulan. Dan Allah mengetahui penderitaan yang dialaminya, dan beratnya kandungan yang diembannya. Lalu jangan tanya seberapa besar rasa sakit yang menderanya saat melahirkan anaknya.
حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا
Ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). (QS. Al-Ahqaf :15)
Beragam rasa sakit menderanya. Hanya Allah Yang Maha Tahu seberapa besar penderitaan yang dirasakannya. Bahkan ia harus bersambung nyawa saat melahirkan anaknya. Kemudian ia masih harus bersusah payah menyusuinya selama dua tahun penuh. Berdiri terasa berat, duduk terasa jemu.
Kemudian ibu rela menahan lapar agar anda merasa kenyang, rela bergadang agar anda bisa tidur nyenyak, dan bersusah payah agar anda nyaman. Betapa banyak ia terjaga di malam hari yang panjang, sementara anda tidak mengetahuinya. Betapa banyak ia didera aneka penderitaan agar anaknya dapat mewujudkan mimpi-mimpinya. Ia seringkali meninggalkan sesuatu yang disukainya karena khawatir akan keselamatan anaknya. Ia begitu menyayangi dan mengasihi anaknya. Bila ia tidak ada, sang anak akan memanggilnya. Bila ia berpaling darinya, sang anak akan merajuk padanya. Bila sang anak ditimpa musibah, ia akan memanggil ibunya. Bahkan ia rela mati asal anaknya tetap hidup. Ibu anda ingin mati agar anda tetap hidup. Ibu anda rela menderita agar anda merasa bahagia. Perutnya pernah menjadi wadah anda. Pangkuannya pernah menjadi peraduan anda. Payudaranya pernah menjadi sumber minuman anda. Dia rela mati demi anda. Dan betapa berat beban derita yang dialaminya saat menyapih, mendidik dan membesarkan anda.
Kepayahan seorang ibu terus berlangsung sampai anda tumbuh dewasa, menikah dan punya anak. Seorang ibu selalu mencari anda dan mencari tahu keadaan anda. Ia prihatin bila melihat anda prihatin. Ia sedih bila melihat anda bersedih. Sungguh hebat para ibu yang penyayang, para pendidik yang ramah, dan orang tua yang lemah-lembut. Mudah-mudahan Allah berkenan membalas jasa mereka dengan Surga yang luasnya setara dengan langit dan bumi.
Sedangkan ayah yang penyayang adalah pembimbing yang lurus dan pendidik yang mulia. Ia berusaha, bekerja keras, berjuang, membanting tulang, membesarkan, menafkahi, mendidik, dan menyayangi anda. Ia mau menyuapi anda saat belita. Dan ia mencukupi kebutuhan anda saat remaja. Bila ia berjumpa dengan anda hatinya bersuka cita. Bila anda mendatanginya wajahnya berseri-seri. Bila ia datang, anda akan didudukkan di pangkuannya dan didekapnya. Bila ia hendak pergi anda selalu memeganginya. Bila anda jauh darinya, ia selalu menanyakan dan menunggu kedatangan anda. Bila ia melihat anda, bibirnya tersenyum lebar dan gigi depannya tampak mengkilat. Betapa banyak energi yang beliau curahkan untuk mendidik, membesarkan, memberi makan dan menyekolahkan anda. Semoga Allah berkenan memberikan balasan yang sebaik-baiknya dan pahala yang sebesar-besarnya kepada seorang ayah yang mulia dan menyayangi anak-anaknya.
Karena itu tidak heran lagi perintah untuk berbakti kepada orang tua diulang-ulang di dalam Al-Qur’an. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :
وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا
وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا
Tepat sekali apa yang dikatakan penyair berikut ini :
Ayah dan ibu punya hak atas kita
Setelah hak yang dimiliki Rabb
Kita berkewajiban menghormatinya
Mereka berdua melahirkan kita
Dan mendidik kita semasa kecil
Mereka berhak dihormati setinggi-tingginya.
Di dalam Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, berbakti kepada orang tua disebut beriringan dengan tiang agama Islam dan didahulukan atas jihad yang merupakan puncak menara Islam. Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘Anhu berkata : “Aku pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam : ‘Amal apakah yang paling dicintai Allah ? Beliau menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua. Lalu apa ? tanyaku. Beliau menjawab: ‘Jihad di jalan Allah”.
Lihatlah bagaimana birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) mengungguli jihad di jalan Allah, bersabung nyawa di medan perang dan berlumuran darah. Hal ini juga didukung oleh Hadits yang tercatat di dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk meminta izin berjihad. Lalu beliau bertanya: “Apakah kedua orang tuamu masih hidp ?” ‘Ya’ jawabnya. Lalu beliau bersabda : “Berjihadlah dalam berbakti kepada mereka”.
Wahai umat Islam ! Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban yang tidak bisa dielakkan dan keutamaan yang pasti. Kewajibannya pasti dan pelaksanaannya tidak bisa ditawar. Tidak ada alasan bagi siapa pun untuk melalaikan dan meremehkan kewajiban ini. Agama, syari’at, ayat dan Hadits, akal sehat, menjaga diri, kasih sayang, balas budi dan rasa kemanusiaan adalah dalil-dalil yang menunjukkan adanya keharusan melaksanakan kewajiban itu dengan sebaik-baiknya. Berbakti kepada orang tua adalah jalan hidup para Nabi dan Rasul, dan perilaku orang-orang mulia dan orang-orang shalih. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :
وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا
Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. (QS. Maryam :32)
Dan Allah Subhanahu Wata’ala berfirman tentang sifat-sifat Yahya bin Zakariya ‘Alaihissalam :
وَبَرَّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا
Dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia seorang yang sombong lagi durhaka. (QS. Maryam :14)
Mendoakan orang tua di kala hidup maupun sesudah meninggal dunia adalah kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan oleh orang-orang yang beriman dan bertakwa. Nabi Nuh ‘Alaihissalam berdoa dengan ucapan:
رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
Ya Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. (QS. Nuh :28)
Sedangkan Nabi Ibrahim berdoa dengan ucapan :
رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)". (QS. Ibrahim :41)
Dan di antara ayah dan ibu yang paling berhak diperlakukan secara baik ialah ibu, mengingat perjuangannya yang luar biasa untuk anaknya. Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam lalu bertanya : “Ya Rasulullah, siapakah yang paling berhak aku perlakukan dengan baik ?” Beliau menjawab: “Ibumu” Lalu Siapa ? Tanya laki-laki itu. Beliau menjawab: “Ibumu” lalu siapa ? tanya laki-laki itu lagi. Beliau menjawab : “Ibnumu” lalu siapa ? tanya laki-laki itu kemudian. Beliau menjawab : “Ayahmu” Dalam riwayat Muslim dikatakan bahwa beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Ibumu, lalu ibumu, lalu ibumu,lalu ayahmu. Kemudian orang yang lebih dekat denganmu, lalu orang yang lebih dekat denganmu.”
Wahai orang-orang yang berstatus sebagai anak, bertakwalah kepada Allah dalam menghadapi ayah dan ibu. Berbaktilah kepada orang tua anda, maka anak-anak anda akan berbakti kepada anda. Ketahuilah bahwa ridha Allah terletak di dalam ridha ayah dan ibu, dan murka Allah terletak di dalam murka ayah dan ibu.
Anda pasti sangat menyesalkan dan menyayangkan maraknya fenomena anak yang enggan berbakti kepada orang tuannya. Tidak ada penghargaan, rasa hormat, kepatuhan, kebaktian, maupun sopan santun. Yang ada justru kekerasan, kekasaran, bentakan dan kedurhakaan. Bahkan ada orang yang sangat keji, bengis dan kejam. Sehingga apabila ayah atau ibunya menyuruhnya melakukan sesuatu, ia akan menggerakkan bahunya, membuang muka dan membalikkan punggungnya. Seolah-olah perintah itu tidak penting baginya. Bahkan ada yang memasang muka cemberut, mengerutkan dahi, berteriak, tidak sopan dan melawan ayah dan ibunya. Tidaklah orang seperti itu menyadari bahwa perbuatannya itu dapat membuatnya sengsara ? Sungguh celaka baginya pada saat dirinya di hadapkan kepada Rabbnya.
Bahkan ada sebagian orang yang tidak segan-segan mengguagat orang tuanya di pengadilan, melaporkannya ke pihak kepolisian atau lembaga-lembaga hukum lainnya. Untuk apa ini semua ? Apakah untuk mengambil segenggam uang atau sejengkal tanah ? Sampai-sampai banyak terjadi pemutusan hubungan persaudaraan demi secuil harta atau karena perasaan tertentu yang terpendam di dalam hati. Bahkan ada orang yang tidak bertegur sapa dengan orang tuanya, tidak berkunjung dan tidak berkomunikasi dengannya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Aku ingin dia hidup Tapi dia ingin membunuhku
Maafkanlah keinginan kekasihmu
Sebagai anak, anda harus selalu menjaga hak-hak orang tua dengan cara berbakti dan berbuat baik kepada mereka. Dan sebagai ayah atau ibu, anda harus bisa membantu anak-anak anda dalam berbakti kepada anda. Jangan membebani mereka dengan tugas-tugas yang terlalu berat bagi mereka. Dan jangan mencampuri urusan pribadi mereka, lebih-lebih setelah menikah. Karena hal itu dapat menyebabkan retaknya hubungan dan putusnya tali cinta kasih dan keharmonisan.
Dan ada pula orang yang karena kurangnya ilmu agama justru lebih berbakti kepada teman-temannya dibanding orang tuanya. Mereka begitu patuh kepada rekan-rekannya dan baik kepada kawan-kawannya, namun durhaka kepada ibunya dan tidak bertegur sapa dengan ayahnya. Bahkan anda akan sangat prihatin ketika melihat orang yang menunjukkan penampilan yang shalih, bergelut di dunia ilmu atau dakwah, tetapi sama sekali tidak menaruh hormat, tidak menghargai, tidak peduli, tidak berbakti dan tidak perhatian kepada orang tuanya.
Meskipun kedua orang tua memiliki kekurangan dalam beberapa segi, berbakti dan berbuat baik kepada mereka tetap wajib dilakukan oleh si anak. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :
وَإِن جَاهَدَاكَ عَلَى أَن تُشْرِكَ بِي مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا
Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik. (QS. Luqman :15)
Di dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan bahwa Asma Radiyallahu ‘Anha berkata : “Ibuku yang masih musyrik pernah datang kepadaku pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Lalu aku bertanya kepada Rasulullah, “Ibuku datang padaku dan ingin bertemu denganku. Apakah aku boleh menemuinya ?” Beliau menjawab : “Ya, temuilah dia”.
Ibadallah ! Lalu bagaimana dengan kekurangan yang lebih rendah dari itu ?
Ingat ! Bertakwalah kepada Allah, wahai para orang tua ! ketahuilah bahwa kedurhakaan anak yang dirasakan oleh sebagian anda pada umumnya berpangkal pada kesalahan dalam mendidik. Akibatnya si anak mengalami keterbatasan dalam menerima asuhan yang benar. Kalau mereka sendiri mengabaikan anak-anaknya dan tidak memberikan perhatian yang memadai, bagaimana mungkin mereka mengharapkan anak-anaknya menjadi anak-anak yang berbakti ? Mana mungkin pohon duri berubah anggur ?
Ingat ! Bertakwalah kepada Allah, wahai para orang tua ! ketahuilah bahwa kedurhakaan anak yang dirasakan oleh sebagian anda pada umumnya berpangkal pada kesalahan dalam mendidik. Akibatnya si anak mengalami keterbatasan dalam menerima asuhan yang benar. Kalau mereka sendiri mengabaikan anak-anaknya dan tidak memberikan perhatian yang memadai, bagaimana mungkin mereka mengharapkan anak-anaknya menjadi anak-anak yang berbakti ? Mana mungkin pohon duri berubah anggur ?
Dan, bertakwalah kepada Allah, wahai para anak ! Segeralah berbakti kepada kedua orang tua anda, apapun kondisinya.
Mulai sekarang, siapa pun yang selama ini kurang berbakti kepada orang tuanya harus segera mendaratkan kecupan hangat di kening ayah dan ibunya, seraya menyesali apa yang terjadi di masa lalu dan meminta ma’af atas apa yang sudah berlalu. Dan siapa pun harus berbakti dan menyambung kembali hubungannya. Ia harus menyapanya dengan kebajikan, kebaktian, kebaikan. Dan, semua saluran pendidikan dan pengarahan seperti masjid, rumah, sekolah, dan mediamassa harus memberikan perhatian yang memadai terhadap masalah pendidikan dan sosial yang penting ini. Jangan sampai masyarakat Islam yang dikenal sebagai masyarakat yang suka gotong royong, tolong-menolong, berbuat baik dan menjalin persaudaraan berubah menjadi masyarakat materialis yang tidak percaya pada nilai-nilai dan tidak peduli pada norma-norma. Dan kita bisa mengambil pelajaran dari fenomena-fenomena yang kita lihat dan kita saksikan.
Mulai sekarang, siapa pun yang selama ini kurang berbakti kepada orang tuanya harus segera mendaratkan kecupan hangat di kening ayah dan ibunya, seraya menyesali apa yang terjadi di masa lalu dan meminta ma’af atas apa yang sudah berlalu. Dan siapa pun harus berbakti dan menyambung kembali hubungannya. Ia harus menyapanya dengan kebajikan, kebaktian, kebaikan. Dan, semua saluran pendidikan dan pengarahan seperti masjid, rumah, sekolah, dan media
بارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Amma ba’du :
Ibadallah ! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan tunaikanlah hakNya sebagaimana diperintahkan kepada anda. Ketahuilah, bahwa disamping memerintahkan untuk berbakti dan menunaikan hak orang tua Allah juga melarang anda memutus hubungan dan durhaka kepadanya. Bahkan Allah menjadikannya sebagai salah satu dosa besar yang menyebabkan murka dan azab Rabb Yang Maha Perkasa.
Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Bakrah Radiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bertanya: “Maukah kuberitahukan kepadamu dosa yang paling besar ?” Sebanyak tiga kali. Kami menjawab: Tentu, ya Rasulullah ! Lalu beliau bersabda : “Menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua.”
Lihatlah bagaimana Allah menyebut durhaka kepada orang tua bersama-sama dengan syirik. Na’udzubillah !
Sementara Al-Mughirah bin Syu’bah Radiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
“Sesungguhnya Allah mengharamkan atas kamu durhaka kepada ibu.” (Shahih Al-Bukhari, 2408 dan Shahih Muslim, 593,12 )
Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim dicatat bahwa Abdullah bin Amr bin Ash Radiyallahu ‘Anhu berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
“Sesungguhnya salah satu dosa yang paling besar ialah seorang mengutuk kedua orang tuanya.”
“ia memaki ayah seseorang, lalu orang itu (membalasnya dengan) memaki ayahnya dan memaki ibunya.” (Shahih Al-Bukhari, 5973 dan Shahih Muslim, 90)
Dalam hal ini anda tentu mendengar banyak hal aneh dalam kenyataan hidup masyarakat kita.
Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
“Sungguh celaka, lalu sungguh celaka orang yang mendapati kedua orang tuanya pada masa tua baik salah satu atau kedua-duanya lalu ia tidak masuk surga.” (HR. Muslim, 2551 )
Dalam hadits shahih disebutkan bahwa salah satu dari tiga orang yang tidak bisa masuk Surga ialah orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.
Ibadallah ! Ketahuilah bahwa berbakti kepada orang tua sangat ditekankan dalam semua periode kehidupan. Lebih-lebih ketika sakit dan lanjut usia. Bahkan kewajiban itu terus berlangsung setelah wafat. Imam Ahmad dan Abu Daud meriwayatkan dari Abu Usaid As-Sa’idi Radiyallahu ‘Anhu ada seseorang bertanya : “Ya Rasulullah, apakah masih ada sesuatu yang bisa kulakukan untuk berbakti kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal dunia ?” Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjawab :
“Ya. Yaitu mendoakan mereka, memohonkan ampun untuk mereka, melaksanakan wasiat mereka, menyambung tali persaudaraan yang tidak bisa disambung tanpa mereka, dan memuliakan teman mereka.” (Al-Musnad, 3/498 dan Sunan Abu Daud, 5142 )
Abdullah bin Dinar menceritakan bahwa Abdullah bin Umar Radiyallahu ‘Anhu pernah bertemu dengan seorang badui di jalanan kota Makkah. Lalu Abdullah bin Umar mengucapkan salam kepadanya dan mempersilahkan naik ke atas keledainya yang semula dinaikinya, dan memberinya surban yang semula dikenakannya. Kemudian kami bertanya padanya : “Sesungguhnya mereka hanyalah orang badui. Mereka cukup puas dengan sesuatu yang ala kadarnya ? Abdullah menjawab : “Sesungguhnya ayah orang ini dahulu adalah teman baik Umar bin Khattab. Dan aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
“Sesungguhnya kebaktian yang paling bagus ialah silaturrahmi yang dilakukan oleh seorang anak kepada keluarga teman baik ayahnya.” (HR. Muslim, 2552 )
Ibadallah ! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu Wata’ala dalam berbakti, bersilaturrahim dan berbuat baik kepada orang tua sebelum terlambat ! Bertaubatlah, wahai orang-orang yang lalai dalam menunaikan hak-hak orang tua dan orang-orang yang durhaka kepadanya, sebelum jiwanya berkata : “Oh, Alangkah menyesalnya diriku atas kelalaianku terhadap Allah.
اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اللهم اغْـفِـرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْـفِـرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. اللهم إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى. اللهم إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ. وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
Khutbah Jum'at: Amal di Bulan Syawal
Ramadhan pergi, datanglah Syawal menggantikannya. Jika "syawal" berarti peningkatan, maka sungguh tak pantas kita mengalami penurunan signifikan selepas Ramadhan ini. Apa saja dan bagaimana amal muslim di bulan Syawal? Khutbah Jum'at kali ini berusaha membahasnya.
Khutbah Jum'at Terbaru ini berusaha mengetengahkan pembahasan mengenai amal sunnah di bulan Syawal, juga bagaimana sirah nabawiyah mengajarkan kita perjuangan para sahabat mempertahankan eksistensi Islam di bulan ini. Dengan demikian, tema Khutbah Jum'at edisi 8 Syawal 1431 H yang bertepatan dengan 17 September 2010 M ini adalah: Amal di Bulan Syawal.
KHUTBAH PERTAMA
الحمد لله ربِّ العالمين والْعاقِبَةُ لِلْمُتَّقين ولا عُدْوانَ إلَّا عَلى الظَّالمِين وأشهد أنْ لا إله إلاالله وحده لا شريك له ربَّ الْعالمين وإلَهَ المُرْسلين وقَيُّوْمَ السَّمواتِ والأَرَضِين وأشهد أن محمدا عبده ورسوله المبعوثُ بالكتابِ المُبين الفارِقِ بَيْنَ الهُدى والضَّلالِ والْغَيِّ والرَّشادِ والشَّكِّ وَالْيَقِين والصَّلاةُ والسَّلامُ عَلى حَبِْيبِنا و شَفِيْعِنا مُحمَّدٍ سَيِّدِ المُرْسلين و إمامِ المهتَدين و قائِدِ المجاهدين وعلى آله وصحبه أجمعين
فياأيها المسلمون أوصيكم وإياي بتقوى الله عز وجل والتَّمَسُّكِ بهذا الدِّين تَمَسُّكًا قَوِيًّا. فقال الله تعالى في كتابه الكريم، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم “يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ،
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Kini kita tengah berada di Jum'at kedua bulan Syawal 1431 H. Delapan hari sudah Ramadhan meninggalkan kita. Tanpa adanya kepastian apakah di tahun mendatang kita masih bisa berjumpa dengannya, menggapai keutamaan-keutamaannya, memenuhi nuansa ibadah yang dibawanya, ataukah justru Allah telah memanggil kita. Kita juga tidak pernah tahu dan tidak pernah mendapat kepastian apakah ibadah-ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT atau tidak. Dua ketidakpastian inilah yang membuat sebagian salafus shalih berdoa selama enam bulan sejak Syawal hingga Rabiul Awal agar ibadahnya selama bulan Ramadhan diterima, lalu dari Rabiul Awal hingga sya'ban berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan berikutnya
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Arti syawal adalah peningkatan. Demikianlah seharusnya. Paska Ramadhan, diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat taqwa, menjadi muttaqin. Hingga mulai bulan Syawal kualitasnya meningkat. Kualitas ibadah, juga kualitas diri seseorang. Bukankah orang kemuliaan seseorang tergantung pada ketaqwaannya?
إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ
...Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu ialah orang yang paling bertaqwa… (QS. Al-Hujurat : 13)
Akan tetapi, yang kita lihat di masyarakat justru sebaliknya. Syawal menjadi bulan penurunan. Penurunan ibadah, juga penurunan kualitas diri. Diantara indikatornya yang sangat jelas adalah perayaan idul Fitri dengan musik dan tarian, dibukanya tempat-tempat hiburan yang sebulan sebelumnya ditutup. Kemaksiatan seperti itu justru langsung ramai sejak hari pertama bulan Syawal. Na'udzubillah! Lalu setelah itu, masjid-masjid akan kembali sepi dari jamaah shalat lima waktu. Umpatan, luapan emosional, dan kemarahan kembali "membudaya". Bukankah ini semua bertolak belakang dengan arti Syawal? Bukankah ini seperti mengotori kain putih yang tadinya telah dicuci dengan sebaik-baiknya? Jadilah ia kembali penuh noda. Jadilah ia kembali menghitam dan semakin memburam.
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Lalu bagaimana amal seorang muslim di bulan Syawal? Berangkat dari kaidah umum dari hadits Nabi tersebut, dan sekaligus sejalan dengan makna syawal, maka harus ada peningkatan di bulan ini. Dan peningkatan itu tidak lain adalah berangkat dari sikap istiqamah. Menetapi agama Allah, berjalan lurus di atas ajarannya.
فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Maka istiqamahlah kamu, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Huud : 112)
Bentuk sikap istiqamah ini dalam amal adalah dengan mengerjakannya secara kontinyu, terus-menerus.
إِنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ مَا دَامَ وَإِنْ قَلَّ
Sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus (kontinyu) meskipun sedikit (HR. Bukhari dan Muslim)
Maka amal-amal yang telah kita biasakan di bulan Ramadhan, hendaknya tetap dipertahankan selama bulan Syawal dan bulan-bulan berikutnya. Tilawah kita yang setiap hari. Shalat malam yang sebelumnya kita selalu melaksanakan tarawih, di bulan Syawal ini hendaknya kita tidak meninggalkan shalat tahajud dan witirnya. Infaq dan shadaqah yang telah kita lakukan juga kita pertahankan. Demikian pula nilai-nilai keimanan yang tumbuh kuat di bulan Ramadhan. kita tak takut lapar dan sakit karena kita bergantung pada Allah selama puasa Ramadhan. Kita tidak memerlukan pengawasan siapapun untuk memastikan puasa kita berlangsung tanpa adanya hal yang membatalkan sebab kita yakin akan pengawasan Allah (ma'iyatullah). Kita juga dibiasakan berlaku ikhlas dalam puasa tanpa perlu mengumumkan puasa kita pada siapapun. Nilai keimanan yang meliputi keyakinan, maiyatullah, keikhlasan, dan lainnya ini hendaknya tetap ada dalam bulan Syawal dan semakin meningkat. Bukan menipis tiba-tiba lalu hilang seketika!
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Memang tidak banyak amal khusus di bulan Syawal dibandingkan bulan-bulan lainnya. Akan tetapi, Allah telah memberikan kesempatan berupa satu amal khusus di bulan ini berupa puasa Syawal. Ini juga bisa dimaknai sebagai tool dalam rangka meningkatkan ibadah dan kualitas diri kita di bulan Syawal ini. Dan keistimewaan puasa sunnah ini adalah, kita akan diganjar dengan pahala satu tahun jika kita mengerjakan puasa enam hari di bulan ini setelah sebulan penuh kita berpuasa Ramadhan.
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun. (HR. Muslim)
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصَوْمِ الدَّهْرِ
Barangsiapa berpuasa Ramadhan, lalu mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, ia seperti puasa setahun. (HR. Ibnu Majah, shahih)
Bagaimana pelaksanaannya? Apakah puasa Syawal harus dilakukan secara berurutan atau boleh tidak? Sayyid Sabiq di dalam Fiqih Sunnah menjelaskan bahwa menurut pendapat Imam Ahmad, puasa Syawal boleh dilakukan secara berurutan, boleh pula tidak berurutan. Dan tidak ada keutamaan cara pertama atas cara kedua. Sedangkan menurut madzhab Syafi'i dan Hanafi, puasa Syawal lebih utama dilaksanakan secara berurutan sejak tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal. Lebih utama. Jadi, tidak ada madzhab yang tidak membolehkan puasa Syawal di hari selain tanggal 2 sampai 7, selama masih di bulan Syawal. Ini artinya, bagi kita yang belum melaksanakan puasa Syawal, masih ada kesempatan mengerjakannya. Akan tetapi, hendaknya kita tidak berpuasa khusus di hari Jum'at tanpa mengiringinya di hari Kamis atau Sabtu karena adanya larangan Rasulullah yang juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh Al-Albani.
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Penurunan amal di bulan Syawal sekali lagi adalah hal yang seharusnya kita hindarkan. Bulan Syawal justru pernah menjadi bulan perjuangan yang amat menentukan bagi kaum muslimin. Itu terjadi pada tahun 5 H. Bulan Syawal kali itu merupakan bulan yang mendebarkan. Kaum muslimin dikeroyok oleh pasukan multi nasional yang merupakan gabungan dari Quraisy, Ghatafan, dan lain-lain. Karena itulah perang ini dikenal sebagai perang ahzab (gabungan/sekutu), disamping juga terkenal dengan sebutan perang khandaq yang berarti parit, karena kaum muslimin menggunakan strategi membuat parit di sekeliling Madinah untuk bertahan dan terbukti efektif, hingga pasukan ahzab tidak bisa menyerang masuk Madinah.
Penggalian parit atau khandaq ini adalah kerja keras yang luar biasa. Persatuan kaum muslimin benar-benar terasa di sana. Begitupun keimanan mereka dan doa-doa yang khusyu' semakin mendekatkan mereka kepada Allah. Ditambah dengan catatan-catatan kepahlawanan mulai dari Nu'aim yang memecah belah pasukan Ahzab dan bani Quraidzah yang berkhianat di belakang kaum muslimin, sampai keberanian dan kecerdasan Hudzaifah Ibnul Yaman yang menerobos perkemahan pasukan Quraisy untuk mencari informasi. Benar-benar peningkatan yang luar biasa paska Ramadhan. Lalu Allah menolong kaum muslimin dengan menurunkan angin topas yang memporakporandakan perkemahan pasukan Qurasiy.
Itulah contoh betapa bulan Syawal tidak sepantasnya membuat ibadah dan kualitas diri kita turun. Justru seharusnya, sesuai dengan makna syawal, maka kita harus mengalami peningkatan dengan berupaya istiqamah serta meningkatkan kualitas ibadah dan diri, diantaranya dengan puasa Syawal.
وقل رب اغفر وارحم و انت خير الراحمين
KHUTBAH KEDUA
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
{ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ } [آل عمران: 102]
{ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا } [الأحزاب: 70، 71].
Jama'ah jum'at yang dirahmati Allah,
Jika kita istiqamah, maka Allah SWT menjanjikan tiga keistimewaan yang akan kita dapatkan. Ketiganya difirmankan Allah dalam satu ayat yang sama, yaitu dalam firman-Nya:
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka istiqamah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu". (QS. Fushilat : 30)
Ketika menafsirkan ayat ini, ulama salaf merujuk pada hadits bahwa malaikat itu datang ketika seorang mukmin dalam kondisi sakaratul maut. Sedangkan ulama muta'akhirin mengatakan bahwa ketiganya -asy-syaja'ah (keberanian), al-ithmi'nan (ketenangan), dan at-tafa'ul (optimis)- juga bisa dirasakan mukmin dalam kehidupan ini.
اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقًا مَعْصُوْمًا، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْمًا.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَانًا صَادِقًا ذَاكِرًا، وَقَلْبًا خَاشِعًا مُنِيْبًا، وَعَمَلاً صَالِحًا زَاكِيًا، وَعِلْمًا نَافِعًا رَافِعًا، وَإِيْمَانًا رَاسِخًا ثَابِتًا، وَيَقِيْنًا صَادِقًا خَالِصًا، وَرِزْقًا حَلاَلاًَ طَيِّبًا وَاسِعًا، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ.
اللَّهُمَّ رَبَّنَا احْفَظْ أَوْطَانَنَا وَأَعِزَّ سُلْطَانَنَا وَأَيِّدْهُ بِالْحَقِّ وَأَيِّدْ بِهِ الْحَقَّ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.
اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ.
اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا وكُلِّ أَرزَاقِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.
عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
الحمد لله ربِّ العالمين والْعاقِبَةُ لِلْمُتَّقين ولا عُدْوانَ إلَّا عَلى الظَّالمِين وأشهد أنْ لا إله إلاالله وحده لا شريك له ربَّ الْعالمين وإلَهَ المُرْسلين وقَيُّوْمَ السَّمواتِ والأَرَضِين وأشهد أن محمدا عبده ورسوله المبعوثُ بالكتابِ المُبين الفارِقِ بَيْنَ الهُدى والضَّلالِ والْغَيِّ والرَّشادِ والشَّكِّ وَالْيَقِين والصَّلاةُ والسَّلامُ عَلى حَبِْيبِنا و شَفِيْعِنا مُحمَّدٍ سَيِّدِ المُرْسلين و إمامِ المهتَدين و قائِدِ المجاهدين وعلى آله وصحبه أجمعين.أما بعد، فياأيها المسلمون أوصيكم وإياي بتقوى الله عز وجل والتَّمَسُّكِ بهذا الدِّين تَمَسُّكًا قَوِيًّا. فقال الله تعالى في كتابه الكريم، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم “يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ” “وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ (108)”،” وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى (124)”
“Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.” Huud:108
“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” Thahaa:124
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah…
Suatu hari, di dalam sebuah rumah tangga terjadi pertengkaran yang sengit antara suami istri. Sang suami berkata kepada istrinya dengan kemarahan yang luar biasa seraya berkata: “Sungguh aku akan menjadikan kamu menderita dan celaka!!!”. Dengan suara lirih istrinya menjawab: “Kamu tidak akan pernah bisa mencelakakanku sebagaimana kamu tidak bisa membahagiakanku!”. Dengan nada heran sang suami balik bertanya: “Mengapa tidak bisa?”. Istrinya menjawab dengan tegas dan yakin: “Sekiranya kebahagiaan itu hanya berkaitan dengan uang belanja dan perhiasan, niscaya kamu bisa menghentikan. Akan tetapi kebahagian itu hanya ada pada suatu yang dimana kamu dan semua manusia tidak akan pernah menguasainya.” Dan dengarkan baik-baik: “Sesungguhnya kebahagianku ada dalam imanku, sementara imanku ada dalam relung hatiku dan hatiku hanya ada dalam genggaman Rabbku.”
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah…..
Makna kebahagian ini juga pernah diungkapkan oleh Hujjatul Islam, Imam Ibnu Taimiah – rahimahullah – “Apa yang bisa dilakukan musuh-musuhku terhadapku? Surgaku dan tamanku ada di hatiku…bila aku berjalan maka ia bersamaku dan tidak pernah berpisah dariku…. Penjaraku adalah kesendirianku (dengan Rabbku)…kematianku adalah syahadah (syahid)….pengusiranku dari negeriku adalah wisata bagiku.”
Ya, inilah kebahagiaan yang diinginkan oleh Islam dalam kehidupan kita. Bahagia dengan nilai-nilai keimanan, bahagia di saat melaksanakan ketaatan kepada Allah swt. dan bahagia dalam naungan keislaman. Allah swt. berfirman:
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ (30)
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka Malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” Fushshilat : 30
Jama’ah yang dimulyakan Allah….
Ketika kita istiqomah dalam memegang ajaran agama Allah swt, maka kita akan merasakan keamanan dan kenyamanan yang luar biasa. Bahkan surga Allah swt. menanti di akhirat kelak, sebagaimana yang telah dijanjikan Allah swt dalam ayat di atas. Rasa aman dan tentram dalam hidup adalah tanda kebahagian seseorang. Rasulullah saw. juga bersabda:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَتْ الْآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتْ الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ شَمْلَهُ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا مَا قُدِّرَ لَهُ. رواه الترمذي
Dari Anas bin Malik berkata: “Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa yang menjadikan akhirat tujuannya maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya, memudahkan segala urusannya dan dunia akan datang kepadanya dengan hina (tidak pernah menguasai hati, semakin kaya semakin bersyukur-pen). Dan barang siapa yang menjadikan dunia tujuannya, maka Allah akan meletakkan kefakirannya di antara kedua matanya, mencerai-beraikan segala urusannya dan dunia tidak akan datang kecuali hanya sekedarnya.” Imam At-tirmizi
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah…….
Adakalanya kita temukan dalam realitas kehidupan kita, bahwasanya sebagian manusia ada yangmerasa bahagia dengan harta yang melimpah ruah. Mereka puas dan bahagia ketika berfoya-foya, menghamburkan kekayaannya dan hal-hal yang tidak berfaedah lainnya. Ada juga yang puas dan bahagia dengan menjalankan kemaksiatan dan kemungkaran. Merasa tentram dan nyaman dengan segala aksi asusila, menontonkan aurat dan selingkuh serta berganti-ganti pasangan. Bahagia dengan minuman keras, ekstasi dan perjudian.
Jama’ah yang dimulyakan Allah…..
Namun di balik kehidupan yang serba gelap dan kebahagian yang semu, kita masih melihat hamba-hamba Allah swt. yang mengoptimalkan harta, waktu dan tenaga untuk membangun amal unggulan dan amal shaleh. Mereka merasa bersalah ketika tidak memperhatikan saudara-saudaranya yangsedang dihimpit kesusuhan. Mereka yang menghadapi ujian seperti saudara kita yang terkena gempa, dilanda banjir dan tanah longsor. Saudara kita yang lain yang berada di negeri-negeri Islamseperti muslim Ghaza Palestine , Iraq , Chechnya , Afghanistan dan yan lainnya. Kegelisahan dan kegamangan merasuki jiwa mereka tatkala meninggalkan amal-amal shaleh, tidak tilawah, tidak sholat berjama’ah dan amal kebaikan yang lain. Oleh karenanya Imam Hasan Al-Bashari – rahimakumullah – berkata:
” تَفقَّدُوْا الْحَلاوَةَ فِي ثلاثةِ أشْياءَ: فِي الصَّلاةِ وفي الذِكْرِ وفِي قِرَاءَةِ القرآنِ…”
“Carilah kebahagiaan dalam tiga hal: dalam sholat, dalam dzikr dan dalam tilawat Al-Quran.”
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah……
Imam Ibnu Qoyyim – rahimahullah – mengklasifikasikan kebahagian yang mempengaruhi suasana jiwa seseorang menjadi tiga.
Pertama; kebahagian yang berkaitan dengan eksternal. Yaitu bahagia dengan harta yang berada di luar diri manusia. Ia bahagaia ketika mendapatkan kekayaan. Inilah kebahagian yang disebut dengan “ladzdzah wahmiah khayaliah” (kebahagiaan semu). Dan ketika ia bahagia membelanjakan hartanya untuk memenuhi syahwatnya yang dilarang, maka inilah yang disebut “ladzdzah bahimiah” (kebahagiaan dan kenikmatan hewani).
Kedua, kebahagiaan yang berkaitan dengan nikmat badaniah. Bahagia dengan kesehatan yangprima, bahagia dengan kesempurnaan ciptaannnya, bahagia dengan kecantikan dan kemolekan tubuhnya dan nikmat badaniah yang lain. Ini juga termasuk kebahagiaan yang semu. Alangkah indahnya ungkapan penyair Arab:
” يا خادمَ الْجِسْمِ كَمْ تَشْقَى بِخِدْمَتِهِ فأنتَ بِالرُّوْحِ لا بالجسمِ إنسانٌ “
“Wahai pelayan jasad, berapa banyak kamu sengsara dalam melayani. Kamu hanya dengan ruh bukan dengan jasad, disebut manusia.”
Dan – jama’ah rahimakumullah – yang ketiga adalah kebahagiaan yang sebenarnya. Kebahagian dunia akhirat. Kebahagiaan abadi dan hakiki. Kebahagiaan yang kita dambakan semua. Yaitukebahagiaan yang bersumber dari nilai-nilai ketaatan kepada Allah swt.
Sebab-Sebab Bahagia
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah……..
Untuk menggapai kebahagiaan yang hakiki, kita harus memiliki sebab-sebab yang melahirkankebahagiaan ini.
Pertama, Keimanan dan Tauhid
فَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يَهدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلْإِسْلَامِ وَمَنْ يُرِدْ أَنْ يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاءِ كَذَلِكَ يَجْعَلُ اللَّهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ (125)
“Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman”. Al-An’am:125
Keimanan dan ketauhidan yang mengkristal dalam jiwa seorang muslim merupakan sumber dari segala sumber kebahagiaan. Keiistiqamahan dalam bertauhid akan memberikan energi baru untuk menghadapi segala ragam kehidupan. Ia tidak akan pernah takut dan bersedih dalam menjalani kehidupan dalam kondisi apupun. Baik dalam kondisi lapang maupun kondisi dan situasi yangsempit. Maka ia tetap eksis dalam menjalani kehidupan dengan kekuatan iman ini.
Kedua, Tazkiatun Nafs (mensucikan diri)
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah…
Salah satu sebab yang bisa mendatangkan kebahagiaan seseorang dalam hidup ini adalah kesuciaan jiwa. Jiwa yang suci akan mendatangkan banyak manfaat dan kebaikan dalam kehidupan seseorang di dunia maupun di akhirat. Karena pangkal kebaikan diri seseorang, keluarga, masyarakat dan bahkan bangsa diawali dengan kebaikan jiwa seseorang. Manusia yang memiliki jiwa yang suci nan sehat akan senantia komitmen dengan nilai-nilai kebaikan. Oleh karenanya Allah swt. berfirman:
“Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, Dan Sesungguhnya merugilah orang yangmengotorinya.” Asy-Syamsy: 8-10
Rasulullah Saw bersabda: “…Ketauhilah, di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik, seluruh tubuhpun baik, dan jika ia rusak, seluruh tubuh pun rusak. Ketauhilah, segumpal daging itu adalah hati.” (Bukhari Muslim)
Ibnu Rajab berkata: “Hati yang baik adalah yang terbebas dari segala penyakit hati dan berbagai perkara yang dibenci, hati yang penuh kecintaan dan rasa takut kepada Allah, dan rasa takut berjauhan dari Allah swt.”
Ketiga, Sholat
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah….
Sebab kebahagiaan yang lain adalah sholat. Karena sholat adalah cahaya, ketenangan dan ketentraman dalam jiwa kita. Sholat juga penghubung antara Allah dan hamba-Nya yang beriman dan bertakwa. Dengan sholat mereka menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Bahkan dalam menghadapi musibah pun diperintahkan untuk sholat. Allah berfirman: “Dan memohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan kesabaran dan sholat…” Al-Baqarah : 45
Rasulullah bersabda: “Dijadikan ketenanganku di dalam sholat,” dan apabila mendapatkan kesulitan, beliau berkata kepada Bilal,” Wahai Bilal, qamatlah! Agar dengan sholat tersebut kami tenang.” (Imam Abu Dawud)
Keempat, Ridho dan Qona’ah
Ridho dan qana’ah merupakan akhlak mulya yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Karena ridho dan qana’ah adalah bentuk ketulusan, keikhlasan dan ketundukan seorang hamba dalam menerima hasil akhir dari amal usaha. Dengan ridho, manusia akan menerima segala keputusan yang telah digariskan oleh Allah. Baik yang berkaitan dengan dirinya, keluarga maupun harapan-harapan lainyang sangat dicita-citakan dalam kehidupannya. Kekuatan ridho dan qana’ah akan membendung keputusasaan dan kesedihan yang akan masuk dalam ruang kepribadian kita. Allah swt. berfirman:
“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yangdemikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” Al-Hadiid: 22-23
Kelima, Dzikir
Seorang mukmin sangat memerlukan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Karena itu, ia perlu memperbanyak dzikir kepada Allah, agar senantiasa berhubungan dengan Allah, bersandar kepada-Nya, memohon pertolongan dan ampunannya. Dengan senantiasa berdzikir kepada Allah dalam kondisi apapun, manusia akan merasa tentram, tidak ada rasa takut, tidak ada rasa khawatir dan kesedihan dalam jiwanya. Oleh karenanya Allah berfirman
“ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” Ar-Ra’du: 28
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah….
Semoga dengan sentuhan ayat-ayat Allah swt. dan hadits Nabawiah kita semua bisa melakukan perbaikan diri kita dalam kehidupan yang fana ini. Agar kita mendapatkan kebahagiaan yanghakiki, bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Dan semoga kita dijadikan oleh Allah swt. hamba-hamba-Nya yang sholeh, model-model muslim yang ideal nan mempesona. Aamiin Yaa Mujiibassaa’iliin.
بارك الله لنا ولكم في القرآن العظيم ونفعنا وإياكم بما فيه من الآيات و الذكرالحكيم فاستغفروا الله فإنه هو الغفور الرحيم
Tidak ada komentar:
Posting Komentar