Turunnya ayat yang melarang minuman keras.
Turunnya
ayat yang melarang minuman keras.
Larangan
minum khamr (minuman keras), diturunkan secara berangsur-angsur. Sebab minum
khamr itu bagi orang Arab sudah menjadi adat kebiasaan yang mendarah daging
semenjak zaman jahiliyah. Mula-mula dikatakan bahwa dosanya lebih besar daripada
manfaatnya, kemudian orang yang mabuk tidak boleh mengerjakan shalat, dan yang
terakhir dikatakan bahwa minum khamr itu adalah keji dan termasuk perbuatan
syaithan. Oleh sebab itu hendaklah orang-orang yang beriman berhenti dari minum
khamr.
Begitulah,
akhirnya Allah mengharamkan minum khamr secara tegas. Adapun firman Allah yang
pertama kali turun tentang khamr adalah :
يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ اْلخَمْرِ وَ اْلمَيْسِرِ، قُلْ فِيْهِمَا اِثْمٌ
كَبِيْرٌ وَّ مَنَافِعُ لِلنَّاسِ، وَ اِثْمُهُمَآ اَكْبَرُ مِنْ نَّفْعِهِمَا، وَ
يَسْأَلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ، قُلِ اْلعَفْوَ، كَذلِكَ يُبَيّنُ اللهُ
لَكُمُ اْلايتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ. البقرة:219
Mereka
bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah, "Pada keduanya itu
terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya
lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka
nafqahkan. Katakanlah, "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah
menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu berfikir.
[QS. Al-Baqarah : 219]
Larangan Duduk Pada Jamuan Makan yang di situ Disuguhkan/ Diedarkan Khamr.
Berdasar
sunnah Nabi SAW, orang Islam diharuskan meninggalkan
tempat jamuan yang ada khamrnya, termasuk duduk-duduk dengan orang yang sedang
minum khamr.
Diriwayatkan
dari 'Umar bin Khaththab RA, bahwa dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda :
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يَقْعُدَنَّ
عَلَى مَائِدَةٍ يُدَارُ عَلَيْهَا اْلخَمْرُ. احمد
Barangsiapa
beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali ia duduk pada suatu hidangan yang padanya diedarkan
khamr.
[HR. Ahmad]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ
بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يَقْعُدْ عَلَى مَائِدَةٍ يُشْرَبُ عَلَيْهَا
اْلخَمْرُ. الدارمى
Dari
Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda,
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah ia duduk
pada jamuan makan yang ada minum khamr
padanya".
[HR. Ad-Darimiy]
Khamr Tidak Boleh Dijadikan Sebagai Obat.
Khamr Tidak Boleh Dijadikan Sebagai Obat.
Tentang
menggunakan khamr sebagai obat itu, diterangkan dalam hadits sebagai berikut :
مَا اَنْزَلَ اللهُ مِنْ دَاءٍ اِلاَّ اَنْزَلَهُ شِفَاءً. البخارى صحيح
Allah
tidak menurunkan penyakit, melainkan Dia menurunkan penawar
baginya.
[HSR. Bukhari]
اِنَّ اللهَ اَنْزَلَ الدَّاءَ وَ الدَّوَاءَ وَ جَعَلَ لِكُلِّ دَاءٍ
دَوَاءً فَتَدَاوَوْا وَ لاَ تَتَدَاوَوْا بِحَرَامٍ. ابو داود صحيح
Sesungguhnya
Allah telah menurunkan penyakit dan juga obat(nya).
Dan Dia telah mengadakan obat bagi tiap-tiap penyakit.
Maka berobatlah, dan jangan berobat dengan (barang) yang haram.
[HSR Abu Dawud]
Hukuman Peminum Khamr
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص اُتِيَ بِرَجُلٍ قَدْ شَرِبَ اْلخَمْرَ
فَجُلِدَ بِجَرِيْدَتَيْنِ نَحْوَ اَرْبَعِيْنَ، قَالَ: وَ فَعَلَهُ اَبُوْ بَكْرٍ.
فَلَمَّا كَانَ عُمَرُ اسْتَشَارَ النَّاسَ فَقَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ:
اَخَفُّ اْلحُدُوْدِ ثَمَانِيْنَ فَاَمَرَ بِهِ عُمَرُ. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari
Anas RA, sesungguhnya Nabi SAW pernah dihadapkan kepada beliau seorang laki-laki
yang telah minum khamr.
Lalu orang tersebut dipukul dengan dua pelepah kurma (pemukul)
sebanyak 40 kali. Anas berkata, "Cara seperti itu
dilakukan juga oleh Abu Bakar". Tetapi (di zaman 'Umar) setelah 'Umar
minta pendapat para shahabat yang lain, maka 'Abdur Rahman bin 'Auf berkata,
"Hukuman yang paling ringan ialah 80 kali. Lalu 'Umar pun
menyuruh supaya didera 80 kali".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi. Dan
Tirmidzi menshahihkannya]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص جَلَدَ فِى اْلخَمْرِ بِاْلجَرِيْدِ وَ
النِّعَالِ: وَ جَلَدَ اَبُوْ بَكْرٍ اَرْبَعِيْنَ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Anas, sesungguhnya Nabi SAW pernah memukul (orang) karena minum khamr dengan
pelepah kurma dan sandal.
Dan Abu Bakar mendera 40 kali.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
Berburu Dalam Islam
Berburu
Dalam Islam
1.
Syarat-syarat berburu :
a. Dalam masalah "berburu", disyariatkan bahwa si
pemburu adalah orang Islam atau Ahli Kitab (Yahudi dan
Nashrani).
b. Dilakukan dengan niat untuk berburu, tidak
hanya sekedar bermain-main.
c. Tidak dilakukan pada waktu sedang berihram
(berpakaian ihram dalam pelaksanaan ibadah hajji), karena ketika itu diharamkan
berburu.
d. Membaca Bismillah ketika akan melakukannya.
(Dalam hal ini ada ulama yang berfaham hukumnya hanya sunnah sebagaimana dalam hal menyembelih
binatang).
Dalil-dalil
pelaksanaan :
مَنْ قَتَلَ عُصْفُوْرًا عَبَثًا اِلَى اللهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ
يَقُوْلُ: يَا رَبِّ اِنَّ فُلاَنًا قَتَلَنِى عَبَثًا وَ لَمْ يَقْتُلْنِى
مَنْفَعَةً. النسائى و ابن حبان فى صحيحه
Barangsiapa
membunuh seekor burung pipit dengan maksud bermain-main, maka nanti di hari
qiyamat burung tersebut akan mengadu kepada Allah, ia
berkata, "Ya Allah, ya Tuhanku, si Fulan telah membunuhku dengan bermain-main,
dan tidak membunuhku untuk diambil manfaatnya".
[HR. Nasai dan Ibnu Hibban]
مَا مِنْ اِنْسَانٍ يَقْتُلُ عُصْفُوْرًا فَمَا فَوْقَهَا بِغَيْرِ
حَقِّهَا اِلاَّ سَأَلَهُ اللهُ عَنْهَا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ
اللهِ، وَ مَا حَقُّهَا؟ قَالَ: اَنْ يَذْبَحَهَا فَيَأْكُلُهَا وَ لاَ يَقْطَعُ
رَأْسَهَا فَيُرْمَى بِهِ. النسائى و الحاكم
"Tidak
seorangpun yang membunuh burung pipit atau yang lebih kecil dari itu, tidak
menurut haqnya, melainkan akan ditanya oleh Allah kelak di hari qiyamat".
Rasulullah SAW ditanya, "Apakah haq burung itu ya Rasulullah
?". Nabi SAW menjawab, "Yaitu dia disembelih, kemudian dimakan. Tidak diputus kepalanya kemudian dibuang begitu saja".
[HR. Nasai dan Hakim]
Khamr tidak boleh dijadikan cuka.
Khamr tidak boleh dijadikan cuka.
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنِ اْلخَمْرِ يُتَّخَذُ خَلاًّ
فَقَالَ: لاَ. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari
Anas, bahwa Nabi SAW ditanya tentang khamr yang dijadikan cuka, lalu beliau
menjawab, "Tidak boleh".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia
menshahihkannya]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ اَبَا طُلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ عَنْ اَيْتَامٍ
وَرِثُوْا خَمْرًا، قَالَ: اَهْرِقْهَا. قَالَ: اَفَلاَ نَجْعَلُهَا خَلاًّ؟ قَالَ:
لاَ. احمد و ابو داود
Dari
Anas, bahwa Abu Thalhah bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa anak yatim
yang mewarisi khamr, beliau SAW menjawab, "Tuangkanlah
!". (Abu Thalhah) bertanya, "Apakah tidak boleh kami jadikan cuka ?". Jawab beliau, "Tidak".
[HR. Ahmad dan Abu Dawud]
Minum khamr walaupun sedikit, hukumnya tetap haram
Minum khamr walaupun sedikit, hukumnya tetap haram
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ
فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. احمد و ابن ماجه و الدارقطنى و صححه
Dari
Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Minuman yang dalam jumlah banyak
memabukkan, maka sedikitpun juga haram".
[HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia
menshahihkannya]
وَ ِلاَبِى دَاوُدَ وَ ابْنِ مَاجَهْ وَ التِّرْمِذِيِّ مِثْلُهُ
سَوَاءٌ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ.
Dan
Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi meriwayatkan seperti itu dari
Jabir.
عَنْ سَعْدِ بْنِ اَبِى وَقَّاصٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَهَى عَنْ
قَلِيْلِ مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ. النسائى و الدارقطنى
Dari
Sa'ad bin Abu Waqqash, bahwa Nabi SAW melarang meminum meskipun sedikit dari
minuman yang (dalam kadar) banyaknya
memabukkan".
[HR. Nasai dan Daruquthni]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar